Sabtu, 02 Februari 2013

Tips Membuat FanFiction Yang Baik

Annyeong…mian..permisi numpang post yang geje ini yah, hehe…Ini cuma selingan aja, tapi moga berguna juga buat kalian..amiiiiin,,^^ Aku emang bukan penulis FF profesional, tapi aku cuma mau berbagi sedikit tips buat kalian para author ahli pembuat FF atau juga yang masih newbi, gimana sih biar bisa bikin FF yang bagus, banyak tapi dapet feelnya???? Nah, buat kalian yang mau tau tips nya, yuk kita intip, hehe..;)
1. Setiap kali kalian nemu inspirasi baru, jadiin setiap inspirasi kalian itu buat di jadiin judul FF kalian nantinya.
2. Bikin Judul FF sebanyak-banyaknya dan di buat dalam List, dan di setiap judul FF yang udah kalian list itu, minimal kalian udah punya bayangan nanti jalan ceritanya bakal kaya gimana. ( aku udah punya 20 judul FF dalam list aku, hehe…^^)
3. Buat judul FF yang kira2 menarik buat di baca sama Reader, karna waktu baca FF, yang pertama di liat sama reader pastinya judul FF nya dulu.
4. Seterusnya yang bakal di liat reader adalah Cover atau Poster FF nya, mereka bakalan tertarik buat baca tu FF pas liat Covernya aja udah bagus, jadi bikin Poster atau Cover yang kira2 bisa menarik perhatian reader.
5. Selanjutnya yang bakal di liat reader lagi adalah nama2 pemerannya. Usahakan di setiap judul FF yang udah di list tadi, pilih Main Cast nya yang kira2 cocok banget karakternya sama judul FF kalian dan usahakan jangan pake Cast yang masih itu2 juga di setiap judul FF, karna kadang reader juga jarang bisa nemuin FF yang Castnya Bias mereka atau Couple favorite mereka.
6. Buat jadi seorang penulis profesioanl, kita bakal di tuntut buat bisa bikin FF dengan semua genre, kalau reader selalu suka FF kita dengan berbagai Genre, berarti udah bisa di bilang kamu itu penulis berbakat dan profesioanl, karna kadang ga gampang buat dapet feel dalam setiap Genrenya.
7. Nulis cerita bukan cuma menuangkan apa yang ada dalam pikiran kita, dalam khayalan kita atau menceritakan tentang idola kita. Tapi cerita atau FF yang bagus adalah, di mana ada pelajaran hidup atau pengalaman hidup yang bisa di ambil positifnya, karna kadang sebuah cerita bisa atau pernah terjadi dalam kehidupan nyata sang reader.
8. Bikin FF emang kadang ga gampang, di mana sang penulis harus punya mood yang bagus dan suasana hati yang bagus juga biar dapet feelnya waktu bikin FF, jadi buat kamu yang kira2 moodnya lagi ga bagus atau suasana hatinya lagi ga baik, mendingan jangan maksain buat bikin FF dulu, karna jangan sampe sang reader bisa baca suasana hati kita yang emang lagi ga bagus dan bikin FF nya jadi ga enak di baca juga. Tapi kalau ternyata dalam mood yang ga bagus dan suasana hati yang ga baik, kalian tetep bisa bikin FF yang bagus dan di suka sama reader, lagi2 kalian bisa di bilang sebagai penulis profesional, di mana saat mood ga bagus pun tapi kalian masih bisa menghasilkan karya yang terbaik buat para reader.
9. Usahakan dalam FF yang kalian buat, menggunakan kata Baku yang bisa mudah di mengerti sama reader, dan jangan menggunakan kata2 non Baku, kecuali untuk FF ber-Genre Comedy dan Friendship. Karna biasanya, dari bahasa FF juga bisa menentukan nilai dari FF itu sendiri.
10. Kalo kamu bisa bermain dengan kata, kamu bisa memasukkan beberapa kiasan2 dalam bahasa FF kamu, di mana itu akan bikin reader jadi ikut berpikir arti dari kiasan itu sendiri, dan itulah seni dari seorang penulis berbakat.
11. Gunakan sudut pandang ( POV ) maksimal dari 2 pihak, jangan lebih dari 2, soalnya jujur aja kalo FF yang terlalu banyak POV nya, suka bikin reader jadi bingung. Jangan karna Main Cast nya ada 4, jadi di bikin POV nya juga 4, di tambah authornya juga, menurut aku itu bukan FF yang efektif.
12. Jangan bikin FF yang endingnya sad terus atau Happy terus, balance aja, dari semua FF yang kita buat, antara FF yang Happy Ending sama Sad Ending sama banyaknya, biar reader ga bosen bacanya dan kadang ga semua reader suka Sad Ending atau kadang ga semua reader suka Happy Ending.
Gimana tips nya?? Bergunakah?? Kalo ada yang keberatan, kalian boleh keberatan, tapi itu hak kalian, karna seperti yang ada di judulnya, ini tips menurut segi pandang aku, selebihnya, bener atau ga, kalian punya pendapat masing2…;) Selamat berkreasi, meski hanya sebuah khayalan tapi jika itu hasil karya terbaik, patut kita acungi jempol….^^
Hwaiting buat para author terbaik di sini, meski kita kadang bikin FF yang geje atau mungkin kata orang ga mutu, tapi kita sebagai penulis tetep selalu berusaha ngasih yang terbaik buat para reader, betul???? Buat yang suka boleh baca dan buat yang ga suka, boleh ga baca, tapi jangan sampe nge-BASH karna sebenernya ga gampang buat jadi seorang penulis….;)
Best Regards…



Add Ya
https://www.facebook.com/denta.putri?ref=tn_tnmn
https://www.facebook.com/DentaLoveBaekhyunLuhan?fref=ts
Like
https://www.facebook.com/j1j9hvx
Follow
https://twitter.com/DentaElfOppaya

3 komentar:

  1. Bagus bnget artikelnya..
    Aku suka bnget.. Jadi bermotivasi buat FF yg bnyk.. Suka Exo ya? Sama dong.. :')

    BalasHapus
  2. Kamu punya page ya? Aku mau jd adminnya dong..

    BalasHapus